Sunday, October 13, 2013

Darker and Chapped Lips?? BIG NO! My Lips Scrub Routine, an Easy DIY~

Hello again girlfriends, kali ini gue mau ngomongin tentang lip care. A really brief and simple one. Sampai saat ini gue udah pernah publish beberapa postingan yang berkaitan dengan bibir. Mulai dari review berbagai macam lip products sampe lip care product yang tersedia dipasaran. Nah kali ini gue mau posting tentang perawatan bibir. Khususnya perawatan yang gue lakuin untuk diri gue sendiri. Karena menurut gue perawatan itu perlu, untuk penampilan yang menarik juga sehat. Kalo kita udah dapetin bibir yang sehat, maka penjagaannya adalah hal yang sangat penting. Kita semua tau, kalo menjaga itu lebih sulit daripada ngedapetinnya, jadi usaha kita untuk menjaga akan terlihat dari hal hal kecil. Seperti halnya menjaga kelembaban bibir yang bakal kita omongin sekarang. hihi

Oke, sebenernya awalnya postingan ini gue buat karena banyak banget pertanyaan yang hampir sama dan senada yang ditujukan ke gue, baik dari pembaca blog ini, sampe temen-temen di bbm, wassap, twitter, dan social media lainnya. Pertanyaan semacam ini sering banget muncul khususnya di postingan gue yang berkenaan dengan lip products tadi. Berikut contoh pertanyaan yang sering muncul tersebut, yang ada di postingan gue tentang Revlon Lipstick and Lipgloss Review, click for the full post!


Yep! That's the most asked question I got this whole time. Anyway, for the Anon, please next time include your name, let's be friends! So we can talk a lot later on. hehe


As you guys can see, capturan diatas include jawaban singkat gue atas pertanyaan yang diajuin sama Anon.
Berdasarkan informasi yang gue baca, memang semua product yang kita pakai di bibir, even lip balm yg gak berwarna sekalipun, bakalan ninggalin residu di bibir kita. Bahkan sisa makanan atau minuman yang kita makan sekalipun. Nah residu tersebut bakalan mengendap dan menumpuk sehingga bisa menutupi warna asli bibir kita. Shocking, right? Sebelumnya gak kepikiran segitunya, bukan? So now, kalo yg belum tau, you know.

Sebagai cewek, pake lipstick atau product lainnya itu wajar banget. apalagi tiap hari. maka gak heran, walau kadang gak ngerokok, kadang bibir juga kering, pecah-pecah bahkan cenderung menggelap warnanya. I think maybe that's the main reasoning, the residue. Gak enak banget kan kalo bibir kita kelewat kering, pecah-pecah apalagi menghitam.

So here is my suggestion, setiap abis pake makeup, bersihkan sisa makeup khususnya bagian bibir dengan bersih dan lembut. Jangan dilap terlalu keras, karena bakakalan merusak bibir justru. Inget, bibir itu bagian yang paling sensitif setelah mata. Jadi treat em as sooooft as possible. Kalo bisa hapus lipstick dengan kapas yang super soft dan pake eye & lip remover khuhus, kayak yang pernah gue review disini.

Setelah make sure semua udah di lap dengan bersih, memang dari luarnya seperti sudah gak ada apa-apa. tapi itu tadi, residu pasti ada biarpun sedikit dan menumpuk lama kelamaan. Nah, Gue punya rutinitas yang biasanya gue lakuin untuk bibir gue. Dan kali ini gue mau share gimana caranya mengurangi residu tersebut dari bibir. So here we go!

We need a lips scrub! Yes, betul sekali my dear, selain body and face sekarang bibir pun udah ada scrubnya sendiri. Cool right?? Sekarang udah banyak banget brand-brand dari yang drugstore, sampe high-end ngeluarin produk-produk lip scrub yang lucu-lucu dan macem-macem bentuknya. Tapi no worries, untuk yang belum pernah beli lip scrub, kita bisa bikin sendiri kok! :D So here is my style of lip scrub I made at home, very easy and super simple. Way more healthy and safe. You won't need any difficult tools to find, you can just find it at your kitchen, LOL

DIY LIPS SCRUB AT HOME
What you'll need:
1. A Spoon
2. Sugar (any kind of sugar, kalo ada brown sugar lebih bagus)
3. Honey (any type of honey will do)
4. Your clean finger (to massage the scrub to your lips evenly)
5. Tissue (optional)

Jadi begini lah cara gue bikin lips scrub sendiri dari alat-alat tersebut:


Ambil produk secukupnya saja, sepertinya sedikit sekali, but believe me, kadang segitu aja udah kebanyakan. Seriously, you won't need too much, unless you want to store it to a container. kalo mau disimpen di container, make sure simpen di kulkas dan masa expirenya itu disamain aja sama masa expire madunya, biasanya keliatan di packagingnya.

Next step is: ............


Aaaaannnnd you're done! Yep, super duper gampang kan? abis di mix gula dan madunya, ambil sedikit, lalu olesin ke seluruh bibir pelan-pelan. sambil pijat pelan bagian permukaan bibir, you won't do it too harsh, karena bisa merusak jaringan yang ada di bibir kita. Just feel it, gimana tekstur dari gula itu mijet pelan pelan bibir kita dan ngangkat kulit mati yang ada di bibir kita.

Ulangi stepnya sampe campuran yang ada di sendok habis, teruskan pijat sampe kurang lebih 10 menit, lalu diamkan kurang lebih 3-5 menit, biarkan madu yang bakalan bibir kita lembut meresap ke bibir. Lalu setelah dirasa cukup, silakan jilat bibir anda. No, kidding. hahaha boleh di lap aja pelan-pelan pake tissue, atau basuh pelan-pelan pake air hangat. yaaa tapi kalo mau sambil dijilat sih silakan aja, karena memang manis banget tapi. hahaha Setelah dibersihkan dari bibir madu dan gulanya, bisa langsung didiemin gitu aja, atau boleh langsung diolesin sama lip balm atau lebih bagus lagi olive oil diatasnya untuk terus ngejaga kelembaban yang kita udah dapet dari madu tadi.

There!! Easy to make, easy to use. Maaf gue belom bisa kasih foto yang jelas gimana gue apply scrub ini ke bibir dan hasilnya gimana.
I know you guys might questioning 'mana katanya bisa cerah? kok gak keliatan?' Kalo soal jadi cerah, itu perlu waktu, gak sekali nge scrub langsung cerah tring tring gitu, tapi dengan rutinitas yang cukup, hasilnya mungkin akan bisa dirasakan.

Secara fisik, mungkin gak akan langsung terlihat hasilnya, tapi secara 'rasa' bakalan berasa banget bedanya. Right after you do it! Believe me, hal yang gue rasain setelah gue nge scrub bibir, bibir gue rasanya jadi 'enteng' banget hahaha Yes, kayaknya lembut banget gitu, duh kayaknya aliran darah di bibir gue tuh jalan banget gitu.
Plus bibir jadi berasa sooooooft banget, madu tadi bikin bibir yang pecah-pecah jadi lembab lagi karena tekstur madu yang cair dan lembut. Mungkin kalo gue omongin doang sih kayaknya lebay amat ya. tapi cobain deh, you'll know what I'm tryin to say here.

Oya, I do this scrubbing routine, sama kayak rutinitas gue ngescrub tubuh, which is gak sering-sering guys. I know you want a quick result, but you definitely cannot do this every day. Kalo tiap hari ngescrub, yang ada malah merusak guys. Karena permukaan kulit atau bibir kita bakalan tipis dan malah bikin jadi super sensitif, which is bad, and you won't do that. Jadi kalo ngescrub paling sebulan maksimal 3x aja, tapi 2x sebulan itu sudah cukup sekali.

Biasanya gue ngescrub bibir itu kalo dirasa bibir tuh udah kering banget atau kalo misalnya gue harus dandan ekstra untuk besoknya. Misal, besok gue mau ke undangan, nah malem sebelum ke undangan itu, gue scrub bibir gue. Biar apa?? Ya biar bibir gue gak pecah-pecah jadi lipstick yang kita pake pun jadi oke banget nantinya di bibir. gak bagus banget kan kalo kita dandan rapih tapi pas hari H itu bibir kita pecah-pecah. boro-boro bagus, dipakein lipstick aja susah kan :(

Berikut beberapa contoh-contoh pamer foto-foto pamer bibir gue di blog ini beserta link-nya in case you want to read them.





Mungkin itu juga alasan gue untuk kepedean banget naro foto-foto bibir gue di blog ini. hahahaha maap ya guys, but this little kind of thing will give you that kind of confidence <3 Kalo kita udah pede, insyaallah semuanya bakalan oke. woa, that's rhyme. lol

Well that's it guys! Begitulah rutinitas lip scrubbing gue yang super murah, simple dan bisa dilakuin kapan aja. Mau tau juga doooooong, kalo rutinitas scrubbing kalian kayak apa sih? Kalo boleh, bagi tipsnya juga dooooong :D hihi siapa tau punya jurus-jurus rahasia biar bibir kalian sehat dan gak pecah-pecah. Kindly leave a comment below :D

Thank you so much for reading my long blabbering post, I hope you enjoy reading it and see you on my next post, girlfriends! BYE~~~~~~~~

Share this

22 Responses to "Darker and Chapped Lips?? BIG NO! My Lips Scrub Routine, an Easy DIY~"

  1. wah i need this! great info say.. <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. it's a really nice thing to share :D thank you reezki ku <3

      Delete
  2. waaa sama mba lip scrub q jg gini, plg enak rasanya soalnya <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener ya Sun, kalo udah selesai tinggal dijilat aja LOL
      maacih Sun <3

      Delete
  3. Ya ampun lips kamu bagus banget. Mulus chay.. Btw, kalau aku abis di diemin madu dan gulanya lgs aku jilat makan. "̮HαHαHα"̮ *manis banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah makasih banyak sisterssss <3
      LOL sama aja kayak aku, can't help but to lick em at the end hihi

      Delete
  4. wuihhh niceee oneee anyezzzzzz.. kapan2 mau coba ah scrub bikinan sendiri, aku suka bgt nge-scrub-an hahahah! tp sering2 boleh gak yah, aku ga cuma sbeulan 3 kali, kayaknya seminggu bisa 2x LOLOL abis takut item bibirnya gr2 sering pake liptint >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah maacih kaka koleaaaa <3 iya kak, brand korea kan jg banyak ngeluarin lip scrub yg oke2 tuh kak, boleh skali2 bikin sendiri hihi
      LOL iya sih kak, aku juga seperlunya aja scrub nya, maacih banyak kakak <3

      Delete
  5. nice tips kak ayes! ^^
    dulu sempet sekali nge-scrub bibir kayak gini tapi ga ku terusin, biasa penyakit males kambuh, hehe.
    trus kalo habis mijit-mijit bibir, scrubnya malah dijilat, lha habis manis sih :p padahal bibir kan jangan dijilat biar ga tambah kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bener banget dev, aku juga gitu kok
      pasti lama2 madunya meleleh dan jadi kejilat LOL manis sih
      maacih ya sayang <3

      Delete
  6. gampang banget ya resep scrubnya. Karena aku malas... hihihi aku pake lip scrub dari nature republic ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhi iya bener kak, kadang memang males, makanya paling sebulan cm 2-3 kali aja hihi <3

      Delete
  7. Wow, what an interesting post!
    Found it very useful. ^^

    Anyway, I've been following your blog.
    Mind to follow me back? ^^

    Thank you!
    Debby
    AMOUR DE MA VIE

    ReplyDelete
    Replies
    1. qw thank you so much, glad to hear that :D
      maacih ya Deb <3

      Delete
  8. Kalau aku nge-scrubnya pas mandi sekalian kayak dibolot gitu pake jari dan air aja. Kalau lagi rajin ya pake sikat (soft) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhi iya saym aku juga pernah gitu, tapi sikat giginya jgn yg biasa, krn malah merusak bibir, pakenya yg sikat gigi bayi yg bulunya halus-halus ya hihi <3

      Delete
  9. Berguna banget tipsnya! Tp ada bahan pengganti madu gak? Jrg pake madu sih... trus juga emang bibir gw tuh gampang bgt kering n pecah2. Zzz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhi maacih banyak melsss. biasanya sih pake madu untuk teksturnya biar nempel di bibirnya say, tapi bisa diganti pake olive oil aja kok kalo ada hihi <3
      itu bisa melembabkan juga loooh, olive oilnya

      Delete
  10. Madu nya kalau yg ada flavour nya gak apa?
    Atau harus madu yg plain?

    ReplyDelete
  11. Merit Casino Login - Xn Games
    Download Merit Casino Login for Android - Xn Games. Login to your account in the menu. · Login to your mobile 메리트 카지노 쿠폰 phone choegocasino and start playing. 샌즈카지노

    ReplyDelete